PROPOSAL USAHA CAMILAN
DIAJUKAN
UNTUK MEMENUHI TUGAS
MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
ATA 2014/2015

DISUSUN OLEH:
Nama :
Marsya Nurissa
NPM :
15613313
JURUSAN SASTRA INGGRIS,
FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS GUNADARMA
KARAWACI, TANGERANG
2015
PROPOSAL
TUGAS SOFTSKILL MATA
KULIAH KEWIRAUSAHAAN
ATA 2014/2015
NAMA
UNIVERSITAS : UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS :
SASTRA
JURUSAN :
SASTRA INGGRIS
JUDUL :
“MARSYA CAMILAN”
PRODUK
“PEMPEK, PASTEL, DAN
RISOLES”
Tangerang, Mei
2015
Menyetujui
Dosen Penanggung
Jawab Mahasiswa
Rooshwan Budi Utomo Marsya
Nurissa
Mengetahui
Rooshwan Budi Utomo
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua
umumnya dan pada saya khususnya sehingga dapat menyelesaikan tugas proposal
ini.
Tugas ini dapat
terlaksana karena adanya dukungan baik material maupun spiritual dari semua
pihak yang telah membantu kelancaran tugas ini. Khususnya untuk orang tua dan kakak
yang sangat saya cintai, sahabat dan teman terdekat yang saya sayangi. Oleh
karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah
membantu menyelesaikan tugas ini. Dan kepada Bapak Dosen Mata Kuliah
Kewirausahaan, di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas
Gunadarma Karawaci tak lupa saya berterima kasih.
Besar harapan agar
proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan
koreksi selanjutnya. Saya mohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini
terdapat kesalahan ataupun kerancuan baik dalam bahasa ataupun tulisan. Saya
juga menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi
saya. Terima Kasih.
Tangerang, Mei 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Cover…………………………………………………………………………………………………………… I
Lembar
Pengesahan………………………………………………………………………………………. ii
Kata
Pengantar……………………………………………………………………………………………… iii
Daftar
Isi……………………………………………………………………………………………………… iv
BAB
I PENDAHULUAN
Latar
Belakang………………………………………………………………….. 1
Tujuan, Visi, Misi, dan
Deskripsi Usaha……………………………… 1
Tujuan……………………………………………………………………. 1
Visi….
……………………………………………………………………. 1
Misi………………………………………………………………………..
1
Deskripsi
Usaha……………………………………………………… .. 2
BAB
II ` PEMBAHASAN
Target
Pemasaran………………………………………………………………. 2
Nama dan
Lokasi………………………………………………………………. 2
Rencana
Produk……………………………………………………………. 2
Waktu
Pelaksanaan…………………………………………………………. 2
Peralatan
Usaha……………………………………………………………… 3
Aspek
Permodalan……………………………………………………………… 3
Perhitungan
Laba……………………………………………………………….. 3
Strategi
Pemasaran……………………………………………………………… 3
Promosi………………………………………………………………………………. 3
Masalah dan
Hambatan…………………………………………………………. 3
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan………………………………………………………………………. 4
Saran……………………………………………………………………………….. 4
BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari
yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang mahal. Dengan
aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan
tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia
dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut
bukanlah makanan tradisonal yang khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan
juga kebanyakan terlalu mahal, dan juga kualitas serta manfaat yang terkandung
didalam makanan tersebut kurang meyakinkan.
Salah
satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi
makanan konsumsi untuk camilan bersama keluarga, sahabat, dan orang tersayang,
dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup mengenyangkan adalah “PEMPEK,
PASTEL DAN RISOLES”. Pembuatan makanan tradisonal yang khas berasal dari
Indonesia ini dilakukan dengan cara yang tidak begitu rumit, tetapi lebih
higienis, serta akan dijual dengan harga yang terjangkau, maka tentunya hal ini
akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Tujuan,
Visi, Misi, dan Deskripsi Usaha
Tujuan
Proposal ini di buat
untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan
Sebagai penilaian atas
pemahaman dan praktek dari tugas mata kuliah kewirausahaan yang termasuk mata
kuliah softskill.
Inisiatif wirausaha
sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
Memajukan kehidupan
masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
Menjadikan mahasiswa
lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha
Melatih mahasiswa agar
dapat berwirausaha dengan baik
Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
Sebagai pekerjaan sambilan yang menjanjikan
Visi
Menjadikan Pempek,
Pastel, Risoles sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu
menembus pasaran dunia, dan tak hilang keaslian rasa dan kualitasnya
c. Misi
- Membuat Pempek,
Pastel, Risoles yang terjaga rasa dan kualitasnya
- Memasarkan
Pempek, Pastel, Risoles di pasar tradisional maupun pasar modern
- Mendirikan
usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
Dekripsi Usaha
Modal
yang digunakam dalam usaha ini merupakan modal dari pengusaha sendiri. Tidak
meminjam kepada pihak asing, bank, dan lembaga keuangan lainnya.
BAB II
PEMBAHASAN
Target
Target pemasaran saya
adalah orang disekitar perumahan saya, kampus, orang – orang di perusahaan dimana
kakak saya bekerja.
Nama dan Lokasi
Nama usaha camilan saya
adalah “MARSYA CAMILAN” yang berlokasi di alamat Komplek Pondok Bahar Permai Jl
Merpati II Blok 01/20 RT 001/006 Tangerang, Banten
Rencana Produk
Produk camilan yang
akan dijual dalam usaha ini adalah PEMPEK, PASTEL, DAN RISOLES yang akan dijual
dengan kisaran harga :
-
Pempek ukuran kecil isi telur : Rp. 3000
-
Pempek ukuran besar isi telur : Rp.
20.000
-
Pempek ukuran kecil isi ebi (udang
dikeringkan) : Rp. 3000
-
Pempek ukuran besar isi ebi (udang
dikeringkan) : Rp. 20.000
-
Pastel isi kentang, wortel, bihun, dan
telur : Rp. 4000
-
Risoles isi kentang, dan wortel : Rp. 3.000
Waktu Pelaksanaan
Pelayanan kepada
konsumen dapat dilakukan setiap hari mulai dari pukul 09.00-17.00.
Peralatan Usaha
Dalam usaha camilan tersebut
peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
-
Baskom
-
Sendok & Garpu
-
Alat penggiling
-
Wajan
-
Blender
-
Panci ukuran besar
-
Gas melon
Aspek Permodalan
Dalam proses usaha yang
saya buat ini, saya membutuhkan modal awal untuk usaha sebesar Rp. 1.065.500,-.
Semoga modal yang saya dapatkan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha saya.
2.5. Perhitungan Laba
Laba dari tiap produk
yang ditawarkan berbeda-beda, untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp. 4.500.000,00
– Rp.5.500.000,00 tergantung dari berapa banyaknya camilan yang
terjual.
2.6. Strategi Pemasaran
Strategi yang digunakan
disini adalah dengan cara penjualan secara langsung dan pesanan. Penjualan
secara langsung dilakukan dengan cara pengusaha datang langsung kepada calon
pembeli. Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup
memesan camilan melalui sms, atau line sehingga pembeli tidak perlu datang
menemui pengusaha. Cara ini memudahkan konsumen dalam membeli camilan.
2.7. Promosi
Promosi yang dilakukan
adalah dengan cara mempromosikan camilan tersebut dari mulut ke mulut, brosur
yang dibagikan kepada calon pembeli, dan media online seperti line.
2.8. Masalah dan
Hambatan
Munculnya
pesaing-pesaing baru
Produk tidak tahan lama
Produk mudah ditiru
Adanya pesaing yang
menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah
BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Yang terpenting dalam
menjalankan suatu usaha adalah kerja keras, keinginan untuk maju, berani dalam
mencoba suatu hal yang baru, tidak mudah putus asa, kuat mental dan
kedisiplinan dalam menjalankan suatu usaha. Usaha camilan ini dapat dijadikan
kerja sampingan yang menguntungkan ataupun usaha yang dijadikan untuk
penghasilan utama yang menjanjikan.
3.2. SARAN
Penyusunan proposal ini
memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang sifatnya membangun. Sehingga
penyusunan proposal di masa mendatang akan lebih baik lagi. Untuk itu penyusun
mohon saran dalam melengkapi proposal ini.
Dan diharapkan dengan
disusunnya proposal ini dapat menjadi panduan untuk membuat proposal usaha
serta dapat menambah lapangan kerja baru yang bisa mengurangi pengangguran yang
ada di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar