Selasa, 12 Mei 2015

REVISI PROPOSAL USAHA


PROPOSAL USAHA CAMILAN


DIAJUKAN

UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

ATA 2014/2015



DISUSUN OLEH:

Nama        : Marsya Nurissa

NPM        : 15613313

JURUSAN SASTRA INGGRIS, FAKULTAS SASTRA

UNIVERSITAS GUNADARMA

KARAWACI, TANGERANG

2015

PROPOSAL

TUGAS SOFTSKILL MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

ATA 2014/2015

NAMA UNIVERSITAS    : UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS            : SASTRA

JURUSAN            : SASTRA INGGRIS

JUDUL            : “MARSYA CAMILAN”

PRODUK

“PEMPEK, PASTEL, DAN RISOLES”




Tangerang,    Mei 2015


Menyetujui



Dosen Penanggung Jawab                         Mahasiswa

Rooshwan Budi Utomo                         Marsya Nurissa



Mengetahui

Rooshwan Budi Utomo





KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua umumnya dan pada saya khususnya sehingga dapat menyelesaikan tugas proposal ini.

Tugas ini dapat terlaksana karena adanya dukungan baik material maupun spiritual dari semua pihak yang telah membantu kelancaran tugas ini. Khususnya untuk orang tua dan kakak yang sangat saya cintai, sahabat dan teman terdekat yang saya sayangi. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu menyelesaikan tugas ini. Dan kepada Bapak Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan, di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Gunadarma Karawaci tak lupa saya berterima kasih.

Besar harapan agar proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan koreksi selanjutnya. Saya mohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan ataupun kerancuan baik dalam bahasa ataupun tulisan. Saya juga menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi saya. Terima Kasih.


Tangerang,     Mei 2015
Penyusun

DAFTAR ISI

Cover……………………………………………………………………………………………………………    I

Lembar Pengesahan……………………………………………………………………………………….    ii

Kata Pengantar………………………………………………………………………………………………    iii

Daftar Isi………………………………………………………………………………………………………    iv

BAB I        PENDAHULUAN

Latar Belakang…………………………………………………………………..    1

Tujuan, Visi, Misi, dan Deskripsi Usaha………………………………        1

Tujuan…………………………………………………………………….    1

Visi…. …………………………………………………………………….    1

Misi………………………………………………………………………..     1

Deskripsi Usaha………………………………………………………    ..    2

BAB II    `    PEMBAHASAN

Target Pemasaran……………………………………………………………….    2

Nama dan Lokasi……………………………………………………………….    2

Rencana Produk…………………………………………………………….    2

Waktu Pelaksanaan………………………………………………………….    2

Peralatan Usaha………………………………………………………………    3

Aspek Permodalan………………………………………………………………    3

Perhitungan Laba………………………………………………………………..    3

Strategi Pemasaran………………………………………………………………    3

Promosi……………………………………………………………………………….    3

Masalah dan Hambatan………………………………………………………….    3

BAB III     PENUTUP

Kesimpulan……………………………………………………………………….    4

Saran………………………………………………………………………………..    4

BAB I

PENDAHULUAN

    Latar Belakang

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah sampai yang mahal. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisonal yang khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal, dan juga kualitas serta manfaat yang terkandung didalam makanan tersebut kurang meyakinkan.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk camilan bersama keluarga, sahabat, dan orang tersayang, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup mengenyangkan adalah “PEMPEK, PASTEL DAN RISOLES”. Pembuatan makanan tradisonal yang khas berasal dari Indonesia ini dilakukan dengan cara yang tidak begitu rumit, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.


    Tujuan, Visi, Misi, dan Deskripsi Usaha

Tujuan

Proposal ini di buat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan

Sebagai penilaian atas pemahaman dan praktek dari tugas mata kuliah kewirausahaan yang termasuk mata kuliah softskill.

Inisiatif wirausaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha

Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat

Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inovatif tentang berwirausaha

Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik

Menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha

Sebagai pekerjaan sambilan yang menjanjikan

Visi

Menjadikan Pempek, Pastel, Risoles sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu menembus pasaran dunia, dan tak hilang keaslian rasa dan kualitasnya

c. Misi

-          Membuat Pempek, Pastel, Risoles yang terjaga rasa dan kualitasnya
-          Memasarkan Pempek, Pastel, Risoles di pasar tradisional maupun pasar modern
-          Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia

Dekripsi Usaha

    Modal yang digunakam dalam usaha ini merupakan modal dari pengusaha sendiri. Tidak meminjam kepada pihak asing, bank, dan lembaga keuangan lainnya.

BAB II

PEMBAHASAN

Target

Target pemasaran saya adalah orang disekitar perumahan saya, kampus, orang – orang di perusahaan dimana kakak saya bekerja.

Nama dan Lokasi

Nama usaha camilan saya adalah “MARSYA CAMILAN” yang berlokasi di alamat Komplek Pondok Bahar Permai Jl Merpati II Blok 01/20 RT 001/006 Tangerang, Banten

Rencana Produk

Produk camilan yang akan dijual dalam usaha ini adalah PEMPEK, PASTEL, DAN RISOLES yang akan dijual dengan kisaran harga :
-          Pempek ukuran kecil isi telur : Rp. 3000
-          Pempek ukuran besar isi telur : Rp. 20.000
-          Pempek ukuran kecil isi ebi (udang dikeringkan) : Rp. 3000
-          Pempek ukuran besar isi ebi (udang dikeringkan) : Rp. 20.000
-          Pastel isi kentang, wortel, bihun, dan telur : Rp. 4000
-          Risoles isi kentang, dan wortel : Rp. 3.000

Waktu Pelaksanaan

Pelayanan kepada konsumen dapat dilakukan setiap hari mulai dari pukul 09.00-17.00.

Peralatan Usaha

Dalam usaha camilan tersebut peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
-          Baskom
-          Sendok & Garpu
-          Alat penggiling
-          Wajan
-          Blender
-          Panci ukuran besar
-          Gas melon

Aspek Permodalan

Dalam proses usaha yang saya buat ini, saya membutuhkan modal awal untuk usaha sebesar Rp. 1.065.500,-. Semoga modal yang saya dapatkan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha saya.

2.5. Perhitungan Laba

Laba dari tiap produk yang ditawarkan berbeda-beda, untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp. 4.500.000,00 – Rp.5.500.000,00 tergantung dari berapa banyaknya camilan yang terjual.

2.6. Strategi Pemasaran

Strategi yang digunakan disini adalah dengan cara penjualan secara langsung dan pesanan. Penjualan secara langsung dilakukan dengan cara pengusaha datang langsung kepada calon pembeli. Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan camilan melalui sms, atau line sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara ini memudahkan konsumen dalam membeli camilan.

2.7. Promosi

Promosi yang dilakukan adalah dengan cara mempromosikan camilan tersebut dari mulut ke mulut, brosur yang dibagikan kepada calon pembeli, dan media online seperti line.

2.8. Masalah dan Hambatan

Munculnya pesaing-pesaing baru
Produk tidak tahan lama
Produk mudah ditiru
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama dengan harga yang lebih murah


BAB III

PENUTUP

3.1. KESIMPULAN

Yang terpenting dalam menjalankan suatu usaha adalah kerja keras, keinginan untuk maju, berani dalam mencoba suatu hal yang baru, tidak mudah putus asa, kuat mental dan kedisiplinan dalam menjalankan suatu usaha. Usaha camilan ini dapat dijadikan kerja sampingan yang menguntungkan ataupun usaha yang dijadikan untuk penghasilan utama yang menjanjikan.

3.2. SARAN

Penyusunan proposal ini memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang sifatnya membangun. Sehingga penyusunan proposal di masa mendatang akan lebih baik lagi. Untuk itu penyusun mohon saran dalam melengkapi proposal ini.

Dan diharapkan dengan disusunnya proposal ini dapat menjadi panduan untuk membuat proposal usaha serta dapat menambah lapangan kerja baru yang bisa mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar